Thursday, July 12, 2007

GMail - Email Gratis dengan Berbagai Kelebihan

GMail, email gratis asuhan Google.com, merupakan email gratis dengan fitur-fitur terdepan. Dengan kapasitas maksimum sejumlah 2,8 GB, fitur anti-spam terbaik, fitur email searching handal, dan hanya memberikan iklan text baris yang nyaris tidak terlihat (kecuali iseng mencari), menjadikan GMail sebagai satu-satunya email gratis yang Bill percaya.

Pengalaman Bill

Tahun 2004 silam, ada teman yang invite Bill untuk menggunakan gmail.com. Bill yang sudah terbiasa menggunakan Yahoo akhirnya mencoba untuk menggunakan GMail.

My first Impression: "Wow". Anda mengerti? Wow Effect terjadi karena melihat User Interface yang canggih dan kapasitas email 2 GB pada masa tersebut.

Yang menarik adalah, fasilitas GMail terus berkembang dari tahun ke tahun secara cepat. Bahkan GMail pun cukup terintegrasi dengan aplikasi asuhan Google lainnya.

Kelebihan GMail

Hampir mirip dengan aplikasi desktop email seperti Microsoft Outlook (Windows), Apple Mail (Mac), dan Microsoft Entourage (Mac). GMail bisa menyortir email, memfilter email, kategorisasi email, dan menulis email. GMail hanya membutuhkan koneksi internet yang ringan dan stabil. Dial-up bisa, asalkan tidak tersendat-sendat.

Kapasitas Nyaris Tak Terbatas. Selama hampir 3 tahun Bill menggunakan GMail tanpa menghapus satupun email, masih kurang dari 15% kapasitas yang terpakai. Jadi GMail tidak ada bedanya dengan email berkapasitas tanpa batas.

Fasilitas Search. Anda tahu betapa hebatnya Google Search? Google mengaplikasikan kemampuan Google Search ke dalam GMail untuk mencari email anda yang sangat banyak.

Terintegrasi dengan Aplikasi Google Lainnya. Beberapa di antaranya adalah Google Docs and Spreadsheet dan Google Calendar. Ketika anda menerima email dengan attachment berupa file Word dan Excel, maka anda langsung dapat membacanya via Google Docs and Spreadsheet. Ketika anda menerima undangan rapat, anda bisa langsung menyimpan ke Google Calendar. Jika Bill bahas apa kegunaan Google Docs and Spreadsheet dan Google Calendar, bisa menjadi satu post panjang tersendiri. Secara singkat, penilaian Bill terhadap kedua aplikasi tersebut 9 dari 10.

Chatting dengan Google Talk. Jika rekan anda online dan juga menggunakan GMail, anda bisa Chat dan log-nya dapat dicari menggunakan fasilitas search.

POP dan Forwarding. Ya, Google tidak se-egois pesaingnya yang hanya membuka fasilitas POP dan forwarding hanya kepada pengguna yang membayar. Bagi yang tidak tahu: POP untuk meng-download email dari GMail ke komputer rumah anda sehingga dapat anda baca offline, Forwarding untuk mengirimkan email yang masuk ke GMail ke email lain secara otomatis. Hebatnya lagi, GMail dapat meng-download email dari penyedia email lain yang menyediakan fasilitas POP.

Filter dan Label. Pusing melihat Inbox dengan ratusan email yang tidak teratur setiap harinya? GMail menyediakan fasilitas filtering dan labeling secara otomatis bagi email yang baru masuk. Label dapat dianalogikan seperti Direktori dalam harddisk. Jadi dengan aturan yang sudah anda tetapkan pada Filter, maka email yang masuk otomatis langsung menuju Label yang anda tentukan. Contoh: email dari alamat email pasangan langsung masuk ke Label "My Love".

Kerja Sama Anti-Spam. Jika anda menemukan email spam yang tidak dikenal di Inbox anda, tinggal menekan tombol "Report Spam", maka alamat email tersebut dikenali oleh GMail dan langsung memfilter alamat email yang sama dari Inbox orang lain.

Google Desktop. Bisa mencari email pada GMail anda tanpa membuka Web Browser. Penilaian singkat dari Bill 10 dari 10 untuk versi Windows dan 8 dari 10 untuk versi Mac.

Google Apps. Merupakan fasilitas paling rumit dan membutuhkan bantuan tangan IT Professional yang pernah pengalaman menangani. Bill juga bisa bantu. Kelebihannya adalah GMail dapat diimplementasikan ke dalam domain milik anda atau perusahaan anda. Jadi anda buka email personal atau office menggunakan seluruh fasilitas GMail. Misalkan seperti Bill dengan email Kanisius.org.

Pesaing Terberat

Hanya Yahoo! Mail yang merupakan pesaing terberat dari GMail. Yahoo sampai saat ini terus mengembangkan email gratisnya agar menyerupai GMail. Baru-baru ini Yahoo mengeluarkan fitur Yahoo! Messenger via Yahoo! Mail sehingga pengguna email Yahoo dapat ber-messenger ria ketika sedang membuka email.

Namun sepengamatan Bill, jika Google terus mengembangkan sayap dengan berbagai aplikasi yang terintegrasi, tak lama Yahoo tidak sanggup mengejar ketinggalannya.

Akhir Kata

Saat ini GMail sudah terbuka bagi semua orang tanpa harus melalui undangan. Langsung menuju ke www.gmail.com dan anda bisa mendaftarkan diri di sana. Bill merekomendasikan GMail bagi anda, karena GMail juga berarti bagi Bill.

Bill siap membantu rekan-rekan yang membutuhkan bantuan untuk memakai fasilitas standar GMail selama Bill memiliki waktu luang. Jika anda butuh bantuan, bisa comment ke sini atau cari alamat email Bill yang tersembunyi di sekitar sini. Terima kasih dan semoga post Bill membantu.

Referensi

www.gmail.com
www.macworld.com

4 comments:

Anonymous said...

Gmail sekarang support mail fetching lho.. jadi bisa narik mail POP3 KE GMAIL, trus kita bisa narik email di gmail tersebut pake POP3 wekke

Bisa rekursif tu ehehe

informasi lebih lanjut bisa liat di gmail blog :D cari aja sendiri linknya :P

Bill Suhaedy said...

@rajasa: iya, tapi blm tahu ada yang bisa melakukan seperti GMail soal ngefetch email via POP. Bill pernah ingin test dengan 2 account GMail saling mem-POP, ternyata GMail menghandle dengan cara melarang mem-POP dari sesama account GMail. Namun tampaknya bisa dilakukan dengan Forwarding. Jadi Forward ke email webmail biasa, kemudian dari email webmail tersebut di Forward kembali ke GMail. Belum pernah coba..

Azwar said...

terima kasih infonya

Anonymous said...

Produk gugel memang selalu jempolan. Tapi apa engga terlalu banyak andil gugel? Mule dr email,blog,chrome, os android, blm lg bbrp situs kyk youtube, picasa, dll sebagian sahamnya dipegang gugel. Ckckck