Sunday, July 1, 2007

Salah Satu Cara Mengusir Nyamuk

Nyamuk, makhluk pengganggu yang sering mengganggu ketika sedang tidur. Berdasarkan pengalaman, saya berhasil menemukan salah satu cara mengusir nyamuk nyaris tanpa biaya.

Sebagai orang IT, saya sering menginap di kantor hingga pagi hari. Tak jarang, saya lupa membawa perlengkapan anti nyamuk yang biasa dipakai, yang mengakibatkan sekujur lengan ditumbuhi bentol-bentol akibat gigitan nyamuk. Alhasil ketika dini hari, saya terbangun dan memantau keberadaan nyamuk yang super banyak dan menempel di lengan. Plak! Nyamuk yang sedang menghisap darah, berhasil dipukul dengan gemilang. Alhasil mayat nyamuk jatuh ke lantai.

Berulang kali saya berhasil membunuh nyamuk hanya dengan tangan saya, namun itu tidak pernah cukup. Selalu ada saja nyamuk baru yang muncul dan menggigiti tangan ketika saya terlelap. Dan kejadian ini selalu terjadi berulang-ulang bahkan ketika badan sudah diolesi dengan anti nyamuk spesial yang katanya tahan sampai pagi. Nyamuk di sekeliling saya seolah-olah dapat bermutasi dan melawan anti nyamuk tersebut.

Sampai Akhirnya....

Ada hari-hari dimana gerombolan nyamuk nakal tersebut sama sekali tidak menyerang. Setelah dianalisa berulang kali, ternyata cahaya lampu turut berperan dalam mengusir nyamuk. Alhasil saya akali keadaan kantor dengan menyalakan lampu-lampu tertentu dan melihat perbedaan jumlah nyamuk yang signifikan.

Keadaan Kantor....

Ruangan saya, terletak di lantai 2. Banyak retakan di dinding yang berperan menjadi saluran masuknya nyamuk ke dalam ruangan. Ada kaca transparan besar menuju working area. 2 pasang lampu panjang terpasang di langit-langit

Working area, terletak di lantai 1. Sangat luas karena merupakan pusat pekerjaan. Banyak barang-barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Di langit-langit, tergantung beberapa lampu sorot model 1/2 bola berwarna putih.

Ya, foto dapat membantu memperlihatkan keadaan kantor, namun saya tidak berani membawa kamera ke kantor untuk mengambil gambar.

Triknya....

Menyalakan satu lampu working area yang paling dekat dengan ruangan saya. Yang terjadi, jumlah nyamuk berkurang secara signifikan hampir 100% dari keadaan normal. Jika ada nyamuk datang, Plak! Nyamuk mati dan No More Problem. Dan metode ini sudah dilakukan berulang-ulang dan saya nyaman tidur di kantor tanpa harus pusing menyiapkan anti nyamuk. Sebentar lagi malah mau dibelikan Sofa Tidur oleh si Bos.

Hasil analisa, mungkin solusi ini dapat diadaptasikan di tempat lain namun keberhasilannya tidak dijamin. Misalnya kamar anda terdapat saluran yang berpotensi dimasuki nyamuk. Pasang sebuah lampu sorot berwarna putih (mungkin nyamuk suka warna terang) tepat di depan pintu kamar anda. Arahkan menuju tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk di luar kamar anda dengan maksud agar bukan kamar anda yang dijadikan sarang nyamuk.



Lewat batas ini adalah cerita pribadi. Jika anda merasa jijik mengobservasi serangga, sebaiknya jangan dibaca
==========

Dulu, ketika solusi ini belum ditemukan, banyak sekali nyamuk yang saya bunuh pada dini hari. Bangkai nyamuk tersebut saya jatuhkan ke lantai sehingga seolah-olah menjadi tempat pemakaman nyamuk. Dibiarkan 30 menit - 1 jam, muncul gerombolan semut yang menarik bangkai nyamuk yang banyak itu. Pada pagi hari, seluruh bangkai nyamuk sudah lenyap dari lantai, sehingga saya tidak perlu susah payah menyapu semua "dosa" saya. Yang tersisa hanya darah melekat di tangan yang didapat ketika memukul nyamuk, yang tak lain adalah darah saya sendiri.

Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Mosquito

4 comments:

Arjunpeter.(sahabat peterpan) said...

mantep artikeln.a so jgn males2, ngepost yg bginian..bagus k0q

ayu_saphire2011 said...

nyamuk sangat suka daerah gelap dan lembab, maka dari itu dialoihkan dgn cahaya lampu, bener gt ya mas?

eko marwanto said...

wah keren banget nih tipsnya, ane bertiga sama temen di kosan udah pusing banget nih masalah usir-mengusir nyamuk, yg bikin susah tidur

piymen said...

Rentetan Katanya dapat gan. . . !!
.
Sepertinya kemampuan nyamuk terus terupdate, sudah menempuh jaLur dipLomasi namun Negosiasi berakhir sia2. . .
.
Entar ane coba sob trikx, . .hehe
http://janggut-beracun.mywapblog.com