Thursday, July 5, 2007

Modem Aztech. Rekomendasi Speedy. Tips Bagi yang Kurang Beruntung..

Aztech, modem ADSL yang sering dikeluhkan. Menjadi pilihan pertama karena direkomendasikan, dibelikan dan diinstalasi oleh teknisi Speedy. Ternyata kurang dapat diandalkan sesuai yang dipromokan oleh Speedy. Dalam waktu 2 minggu setelah pemakai 24/7 jam, modem ini sudah memunculkan gangguan. Dengan penuh perjuangan, saya berusaha terkoneksi dengan Speedy. Berikut ini, tips bagi yang sudah terlanjur membeli modem ini atau yang baru akan mendaftar ADSL Speedy.

Pengalaman Pribadi

Ketika pertama kali ingin menggunakan Speedy, saya bingung mengenai perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk mengaktifkan ADSL. Kepada Customer Service (disingkat: CS), saya menyatakan untuk membiarkan mereka menangani semua berhubungan dengan peripheral dengan asumsi, perusahaan Indonesia ini adalah perusahaan besar profesional yang sudah Go Internasional.

Butuh waktu yang cukup lama (2 minggu), hingga akhirnya teknisi datang membawa modem bermerk Aztech tipe DSL600EU seharga Rp 550.000 sekaligus melakukan instalasi di jaringan kantor. Kemudian hari-hari berinternet berjalan tanpa masalah hingga akhirnya, internet mulai mengalami gangguan setelah lewat 2 minggu. Mulailah saya menganalisa sebab akibat modem ini mengalami gangguan.

Tanya CS sana, tanya CS sini, telepon teknisi, all come out in still failure and Okay!! I trust them no more. Kerjaan gw cuma marah2. Ya jelas siapa yang tidak marah, dengan Speedy Office Professional yang dulunya senilai Rp 2.000.000,- per bulan. Rugi donk.. kalau di US, pelayanan seperti ini sudah berbuntut pada penuntutan dan lain-lain. Namun berhubung ini Indonesia, apa daya customer. I will try to fight myself for the connection.

Tidak lama kemudian, saya membeli modem merk lain yang bertahan sampai sekarang tanpa ada halangan. Lalu apa yang terjadi dengan Aztech? Digudangkan hingga akhirnya dinyalakan kembali baru-baru ini karena kebutuhan 2 line ADSL. Tidak mengerti mengapa Speedy berani merekomendasikan Aztech demi keuntungan kerja sama mereka namun banyak masalah. Yes, DSL600EU adalah modem berwarna biru yang seharusnya ketika itu sudah kuno, tetapi tetap direkomendasikan kepada konsumen bahkan dengan harga yang relatif tinggi.

Bagi yang Baru Mau Mendaftar ADSL Speedy

1. Pastikan anda sendiri yang membeli modem DSL di toko komputer swasta. Pilihan toko komputer swasta dapat diandalkan karena mereka juga mencari kepercayaan konsumen. Abaikan perkataan CS Speedy yang menyatakan bahwa dengan modem Aztech maka instalasi Speedy berjalan lebih mudah. Dengan kemampuan teknisi Speedy yang sangat baik, mereka bisa berhadapan dengan modem merk apapun secara sempurna.
2. Bagi pengguna yang menyalakan 24/7, disarankan membeli 2 modem yang murah daripada membeli 1 model yang relatif mahal. Mintalah kedua modem ini diinstalasi oleh teknisi Speedy jika anda kurang mengerti dan gunakan kedua modem tersebut secara bergantian setiap harinya. Hal ini menjaga ketahanan modem. Berdasarkan pengalaman dan sumber lain.
3. Belilah cadangan splitter (alat yang terhubung diantara line telp dan modem) sebanyak 1-2 buah. Harga satuan kira-kira Rp 50.000 - Rp 70.000. Tidak semua toko menjual splitter secara terpisah dari ADSL modem. Sering kali CS menyalahkan kerusakan pada splitter kita meskipun diragukan kebenarannya.
4. Jika anda terpaksa membeli modem Aztech dari Speedy, belilah DSL600E (no-USB) jika ada karena lebih murah daripada DSL600EU (+ USB)

Bagi yang Memperoleh Aztech DSL600EU

Ada 5 lampu yaitu (dari kiri) PPP, PWR (Power), DSL, ETH/ACT (Ethernet), USB. Dalam pemakaian internet standar (bukan USB), seharusnya ada 4 lampu yang menyala yaitu PPP, PWR, DSL, dan ETH. Konfigurasi modem dengan Speedy tidak saya ajarkan sendiri karena CS dapat membantu.

Pastikan modem terpasang dengan rapi ke line telepon, line LAN komputer, dan kabel Power. Ketika modem pertama kali dinyalakan lampu PWR menyala. Dalam waktu 10-20 detik kemudian, DSL dan ETH mulai berkedap-kedip. Jika modem sudah terkoneksi ke Speedy, lampu DSL menyala hampir tanpa berkedip dan tak lama kemudian lampu PPP menyala tanpa berkedip yang tandanya sudah dapat menggunakan internet.

Semua modem selalu dilengkapi dengan halaman Summary Modem, biasanya pada http://192.168.0.1 atau 192.168.1.1 atau 192.168.2.1, tergantung pada merk modem dan alamat modem pada jaringan.

Beberapa kasus khusus yang sering terjadi pada Aztech DSL600EU.
1. Tidak ada lampu modem yang berkedip dan halaman utama Modem tidak dapat diakses. Pertanda modem hang dan harus dimatikan, tunggu 10 detik dan dihidupkan kembali.
2. Lampu DSL berkedap kedip. Pertanda modem sedang mencari koneksi ke Speedy. Cek pula halaman utama modem.

Jika DSL: Down atau Up tandanya tidak ada masalah, namun jika DSL kosong (lihat gambar atas), Pertanda modem hang dan harus dimatikan, tunggu 10 detik dan dihidupkan kembali.
3. Lampu DSL tidak berkedip sama sekali. Pertanda modem hang dan harus dimatikan, tunggu 10 detik dan dihidupkan kembali.
4. Internet mati jika ada telp masuk. Kepastian penuh bahwa splitter mengalami masalah. Sambungkan langsung line telp -tanpa melewati splitter- langsung menuju modem, atau gunakan splitter cadangan anda.
5. Jam-jam tertentu suka putus koneksi. Problem tidak terdeteksi.
6. Jangan pernah memperbaharui "Firmware" kecuali anda benar-benar yakin "Firmware" tersebut tidak bermasalah. Berdasarkan pengalaman Denix
7. Jika tombol "Connect" pada halaman utama Modem ditekan, muncul "Connect ERROR". Pertanda modem hang dan harus dimatikan, tunggu 10 detik dan dihidupkan kembali. Berdasarkan pengalaman Fajar Muharandy.

+ tambahan jika ada komen yang turut membahas ini..

Selamat menikmati berinternet dan terima kasih.

Referensi
http://blogsearch.google.com
http://stream.plasa.com/onno/forum/thema.php?board=1&thema=71&page=last#0
http://denixng.blogspot.com/2007/04/aztech-dsl-605e.html

Credit
Denix
Fajar Muharandy

27 comments:

Anonymous said...

saya jg bermasalah, tuh LoL...

Awalnya saya juga ga terlalu ngerti waktu si teknisi dudul ngoceh2.. Maklum baru pulang kuliah dan capek berat.. Pas tuh modem ga berfungsi, saya juga ngotak-ngatik ga jelas, nyala-matiin modem, dan hasilnya... Hidup saya penuh ketabahan sekarang LoL.. Untungnya tingkat keberhasilan strategi tersebut cukup tinggi, ya~

jadi enaknya beli merek ap, Bos? Kalo ada duit, rencana mo beli lagi...

Bill Suhaedy said...

@Rangga: IMHO, merk bukan masalah, yang penting ada cadangan saja. Gw pake Aztech + DLink. Kalau 1 bermasalah, tinggal ganti.

Mencegah overheat..

Anonymous said...

IC... OKOK, thanks, yaa...

NANO said...

eh nih cerita udah setahun lalu, baru q baca sekarang, beneran nih modem USBnya hang nggak dikenali ama XP, drivernya udah nggak ada lagi... sekarang cuma bisa pake Ethernetnya, jadi cuma lapie doang yang pake.

Bill Suhaedy said...

oh pake USB ya? gw blm pernah pake USB, karena biasanya selalu pakai eternet. soal driver, mungkin bisa ditemukan disini. http://www.modem-drivers.com/companies/152.htm

semoga membantu.

Himawan Junianto said...

Mas Bill,

Terima kasih atas informasinya. Tapi sepertinya telat nih saya membacanya, krn baru beberapa hari ini saya berlangganan Speedy dengan paket modem tipe Aztec DLU605EU, tipe combo bisa Ethernet dan USB. Beli dari Telkom Rp. 150 rb-an, krn katanya ada paket promosi di bln Agustus ini. Saya jadi meragukan kehandalan modem ini setelah membaca artikel dari Mas Bill. Sebaiknya kalau memang nanti modem ini rusak beli merk apa ya? Dlink atau Linksys ? Yang kuat dipergunakan sekitar 7 jam seharinya..Thanks, Himawan.

Bill Suhaedy said...

saran gw sih merk dlink, tapi yang adsl modem only, jangan yang adsl + wireless access, pengalaman gw adslnya suka putus meski wirelessnya lumayan. linksys itu banyak cerita setelah diakuisisi cisco kualitas menurun.

Anonymous said...

kalau lampu nyala semua kecuali lampu ethernet (internet?), kenapa ya bozz?
thanks
Pakwie

Bill Suhaedy said...

itu tandanya kabel LAN dari modem belum tersambung ke komputer / jaringan. kalo dah kesambung, bisa jadi kabelnya rusak.

ethernet tidak sama dengan internet pak.

Anonymous said...

Ok. Makasih Bang Bill.
saya pikir emang kabelnya. krn nggak ngerti, trus telp 147, petugasnya datang. Katanya loginnya kurang @telkom.net ... aneh juga, padahal selama ini nggak diganggu-2 tuh login.
yg penting sekarang lancar lg.
Makasih ...
pakwie

Bill Suhaedy said...

sama-sama om.. senang bisa membantu

Anonymous said...

Ardian
aztech ternyata bermasalah dimana 2
sebenarnya di factorynya saja juga bingung kali.
buktinya ADSL modem aztech mengadopsi sampai 2 macam chipset
1.infineon :bermasalah.tdk tau sebab,merk lain ada yg sukses
2.broadcom :bagus.tdk ditemukan merk lain yg bermasalah
jadi saat beli pastikan Aztech adsl modem berchipset broadcom
bisa di lihat di www.aztech.com
moga-moga membantu

Palangkaraya said...

Gile banget deh, emang banyak masalah tho?

Gue pake Aztech DSL600EU, bekas bokap gue di Jakarta, soalnya doski pindah ke FirstMedia, Fastnet yang lebih kenceng dan okay.

Diwarisin deh DSL600EU ke gue. Perasaan gue nggak bego-bego amat dah, gue set begini, begono, dari 192.168.1.1 kagak nyambung, gue telpon speedy 147, gue telpon CS lokal, dipandu, disuruh nge-reset modem, gue ikutin, nge-reset komputer gue turutin, sampe perlu-perlunya nge-reset winsoc, jadi.

Kagak nyambung.

Akhirnya katanya, panggil teknisi, gimana kalo bayar 50.000?

Kampret!

Gue bilang, kirim teknisi lo ke sini. Kalo sampe nggak nyala, tapi teknisi lo yang gue bacok yah!

Anonymous said...

duwh...telad nih liad artikel ini...

gw selama ini pake modem aztech DSL600EU..
emang sering trouble, susah konek, terus sering mati..

nah hari ini, si modem ga bisa konek lagi...masuk ke web panel 192.168.1.1 juga ga bisa...

gmn ya caranya?

udah gw reset jg...tp tetep aja ga bisa konek2

Bill Suhaedy said...

Ada kemungkinan, komputer kamu blm di-set dengan subnet 192.168.1.* sehingga tidak bisa menemukan modem tersebut. Langkahnya set default gateway komputer kamu ke 192.168.1.1 (IP modem), dan IP address komputer kamu ke 192.168.1.2.

CS depromosign said...

bos...saya pake Aztech jg neh, dpt dr sono nya. kata CS seh manis, modem ini paling bagus. tp sebulan pake mati. udh 3 kali tiba2 mati. lampu semuanya nyala ok, check connection ok, di ping jg ok. cb di connect lewat halaman utama gak connect2 juga. udh di otak-atik masih gak bisa. udh telp 147, teknisinya yg bkl dtg nanti, so i wait..ad saran lain gak untuk mngetasi masalah kyk gini, drpd harus manggil teknisi, dan harus menunggu. klo bs sendiri knp gak..thx

Anonymous said...

sama juga aq pake aztech tu sering mati2 sendiri,,,kadang koneknya juja susah,,,ada masukan ga modem yang bagus???

Anonymous said...

mas...sya bru mau langganan speedy nih ..
bsa ga klo pke modem wireless?
kl saya pake sierra compas 885u...bagus ga?
compatible ke window ga?

Bill Suhaedy said...

gw belum pernah pakai sierra, tapi yg jelas semua modem diutamakan untuk compatible ke windows. namun tetap tergantung windows tipe yang mana.

rekomendasi teman di luar negeri, merk buffalo bagus. namun di indonesia masih jarang.

castrada said...

pake merek bagus juga tetap harus dijaga panasnya, merek apapun kudu pake kipas bro.. kalo ga mau terlalu panas, seting bridge aja modemnya...

Dindin Solehudin said...

bos.... saya ada masalah nihh..
kalo ke modem nya cuman di colokin kabel ethernet di sambungin ke pc, modem saya masih bisa ke baca ama pc, ip nya 192.168.1.1 (modem pake aztech).
tapi kalo saya colokin kabel telpon, si modem jadi gak bisa ke baca ama si pc nya ? saya coba connect ke 192.168.1.1 jadi gak bisa. IP si pc juga jadi berubah jadi 162.198.....
masalahnya knapa ya ?
tengkyu...

Bill Suhaedy said...

Kemungkinan fungsinya sebagai DHCP Server terganggu ketika dicolok dengan kabel telpon. Apakah komputer anda menggunakan static IP (manual) atau dynamic IP (otomatis) ketika dicolok ke kabel ethernet?

Anonymous said...

gan numpang tanya dong ini aztech nggak bisa dienable ya UPNP, Pvc0,dan DMZ nya?

Dank said...

sob..gwe trlanjur neeh..dah beli aztech type 705EU...gwe nyeting sndiri tuh modem..ngga konek2..finally..call147.teknisi datang..trnyata ni modem ga kompatible dgn speedy yg pake jaringan optik ktanya,,mereka rekomendasi tukar dgn tipe 600..mslahna gwe ga ada waktu ke mangga 2..n bisa ga tuh modem dituker ?...ada yg tau ga ngakalin tuh modem tanpa mesti dituker? help me plizz...

Unknown said...

Trimakasih atas infonya,
oh ya, mau nanya, kan sudah di cek, Ethernet Adapternya work properly, kemudian kabelnya sudah di cek masih bagus, tapi kok lampu ethernet dan koneksi ethernetnya kok nggak bisa yah, sekarang cuma pakai USB, tapi malah lambat, cuma 12 Kbps pake Aztech, supaya lebih cepat pakai USB dan nggak tergantung ethernet gimana ya ?

Sebelum dan sesudahnya terima kasih

Anonymous said...

Begitulah peralatan elektronik.... kalo mujur ya.. dapet bagus. kalo lagi sial baru beli juga gak bisa dipakai.

Aku pake aztech untuk Warnet.
Jalan hampir 3 tahun gak da masalah. pernah da masalah ampe 1 bulan..., ganti jalur telepon... langsung OK ampe sekarang. modem juga OK.

Kalo diatas pengalaman pribadi, ini juga pengalaman pribadi...., gak ada niat bela sini situ...

Anonymous said...

boz mampir ke blog pas banget sama kesusahan gw terhadap aztech.. gw pake aztech.605EU..awalnya cepet bgt malah lebih cepet dari pada super hero the flash..sekarang jd lemot abis apa lg kl di daerah gw mau hujan dah mulai mati...hujan kelar lampu Dsl nya yg tdinya kedip2 jd nyala trus tpi sama aja gw harus reset ulang dulu biar bener..lah capek harus reset ulang mulu..dah gt hampir stiap jam 3 sore speedy jadi lemot kadang mati...knpa ya mas brooo...tolong penjelasannya...thx